SELAMAT DATANG DI HUMAS POLDA KALTENG

SELAMAT DATANG DI BLOG HUMAS POLDA KALTENG

Rabu, 06 Oktober 2010

RINGKASAN PEMBERITAN MEDIA CETAK

1. Polda Amankan Kantor KPU Kalteng

KPU Propinsi Kalteng dan KPU Kotawaringin Barat (Kobar) akan menggelar rapat plemo menyikapi sengketa Pemilukada Kobar. Rapat Pleno dijadwalkan berlangsung di Kantor KPU Kalteng di Palangka Raya. Mengantisipasi terulangnya kembali aksi anarkis di Pangkalan Bun. Polda Kalteng akan menyiagakan aparat Bromob Polda Kalteng di Kota Pangkalan Bun. (SKH Kalteng Pos, 06 Oktober 2010)

2. Polres Tangani 9 Kasus Kekerasan Anak

Berdasarkan data kekerasan anak baik sebagai pelaku maupun korban dari Januari hingga September 2010, jumlah kasus yang berhasil ditangani maupun diungkapkan jajaran kepolisian dari Polres Seruyan sebanyak 9 kasus. Hal itu dikemukakan Kapolres Seruyan AKBP Gunawan Prijambodo SIK melalui Kasat Reskrim Polres Seruyan AKP Endang Karmana SH. (SKH Kalteng Pos, 21 September 2010)

3. Masyarakat Lemah Penjagaan

Kabid Humas Polda Kalteng AKBP Terr Pratiknyo menuding maraknya aksi pencurian motor (curanmor) disebabkan oleh kelalaian pemilik berkendara itu sendiri. ”saat ditinggal pergi, entah itu lama atau tidak, kunci motor selalu menempel di sepeda motor, hal ini memudahkan para curanmor melakukan aksinya. (SKH Radar sampit, 21 September 2010)

4. Gelar Razia, Tindaklanjuti Instruksi Kapolda

Menindaklanjuti perintah Kapolda Kalteng Brigjen (Pol) Damianus Jackie, Polresta Palangka Raya, serta memeriksa kelengkapan surat-surat berkendara baik roda dua maupun roda empat. Selain itu juga menjaring pelau yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) yang sekarang masih berkeliaran di wilayah kota Palangka Raya. (SKH Radar sampit, 21 September 2010)

Kamis, 30 September 2010

Sertijab Kapolres Jajaran Polda Kalteng


Hari Kamis tanggal 23 September 2010 dilaksanakan serah terima jabatan Kapolres Kapuas dari AKBP Yun Imanullah, Sik kepada AKBP Wisnu Putra, SH,SIK. Kapolres Murung Raya dari AKBP Raden Zulfahri kepada AKBP Yus Fadillah, Sik. Kapolres Gunung Mas dari AKBP Yus Fadillah,SIK kepada AKBP I Dewa Gede Butirwa, SST,MK. dan pelantikan Kapolres Pulang Pisau AKBP I Putu Tustha Mahayana, SST,MK. yang menjadi Irup dalam pelaksanaan serah terima jabatan itu dipimpin langsung oleh Kapolda Kalteng Brigjend. Pol. Drs. H. Damianus Jackie yang juga dihadiri oleh Pejabat teras Polda Kalteng, Ketua Bhayangkari Daerah Kalteng beserta pengurus Daerah dan para Kapolres jajaran Polda Kalteng serta para perwira dan PNS Polda Kalteng.

Dalam amanat tertulis Kapolda mengucapkan terima kasih dan selamat atas jabatan baru sebagai Wadir Lantas Polda Kalteng kepada AKBP Yun Imanullah, SIK atas pengabdiannya sebagai Kapolres Kapuas selama 2 tahun 5 bulan, telah banyak berbuat baik terhadap kesatuannya, baik dibidang pembinaan maupun dibidang operasional, selama kepemimpinan AKBP Yun Imanullah, SIK situasi kamtibmas di wilayah Kapuas cukup terkendali, data ini dilihat dari penyelesaian perkara selama menjabat dari 1075 kasus yang terjadi berhasil dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum sebanyak 670 kasus (62,3%) dan beberapa terobosan positif yang dilakukan terhadap kesatuan.

Begitu juga Kapolda Kalteng mengucapkan terima kasih dan selamat atas jabatan baru sebagai Wadir Intelkam Polda Kalteng kepada AKBP Raden Zulfahri atas pengabdiannya sebagai Kapolres Murung Raya selama 1 tahun 9 bulan, telah banyak inovasi yang dilakukan baik dibidang pembinaan maupun operasional, membangun suasana kerja yang dinamis dan harmonis serta membuat inovasi melalui pembangunan fasalitas kesejahteraan bagi personel Polres Murung Raya, disamping itu telah mempu menekan dan menyelesaikan kasus-kasus illegal logging dan illegal mining sehingga wilayah Murung Raya seyogyanya berpotensi terhadap kejahatan illegal logging dan illegal mining dapat diminimalisir.

Selanjutnya Kapolda mengucapkan terima kasih dan selamat atas penugasan yang baru sebagai Kapolres Murung Raya kepada AKBP Yus Fadillah, SIK atas pengabdiannya sebagai kapolres Gunung Mas selama 2 tahun 3 bulan, banyak upaya yang telah dilakukan baik dibidang pembinaan maupun dibidang operasional.

Tak lupa juga Kapolda mengucapkan terimakasihnya kepada Ibu Yun Imanullah, Ibu Raden Zulfahri dan Ibu Yus Fadillah atas dukungan dan pengorbanan serta kesetiaan dalam menjalankan peran sebagai pendamping suami maupun sebagai Ketua Cabang Bhayangkari telah mempu mendukung pelaksanaan tugas Suami khususnya dalam pembinaan terhadap Ibu-Ibu Bhayangkari diwilayah masing-masing sehingga mampu menciptakan situasi rumah tangga yang harmonis dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas suami sebagai anggota Polri.

Khusus kepada pejabat yang baru AKBP Yus Fadillah,SIK, AKBP I Gede Dewa Butirwa, SST, MK dan AKBP Wisnu Putra, SH,SIK, Kapolda mengucapkan selamat atas kepercayaan yang diberikan pimpinan dan Institusi, Kapolda yakin dan percaya dengan pengalaman tugas ditempat masing-masing selama ini akan mampu menghadapi tugas-tugas kedepan yang dirasakan semakin hari semakin kompleks dan berat. Harapan Kapolda agar pejabat yang baru dapat meneruskan dan meningkatkan hal-hal positif yang telah dicapai oleh pejabat yang lama sehingga roda organisasi dalam jajaran Polres akan tetap berjalan kearah yang lebih baik sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan organisasi Polri dewasa ini, oleh karenanya jaga kepercayaan yang telah diberikan Pimpinan dengan baik, siapkan diri dan segera menyesuaikan diri dengan lingkungan dan tugas yang baru, kenali kesatuan dengan segenap kekuatan dan kelemahan yang ada didalamnya maupun yang ada dilingkungan sekitarnya, lakukan koordinasi dan kerja sama, jalin komunikasi yang harmonis dengan unsur muspida Kabupaten, unsur TNI dan aparat keamanan lainnya, serta tokoh masyarakat, tokoh Agama, tokoh Pemuda dalam rangka mensukseskan program patnership building khususnya dan membina kamtibmas pada umumnya, ciptakan dan terus pertahankan situasi yang kondusif dengan tetap memperhatikan dan menyikapi setiap perkembangan informasi yang beredar di masyarakat, segera kenali budaya yang berkembang didaerah, pelajari setiap norma dan nilai-nilai sosial yang dijunjung tinggi dimasing-masing wilayah.

Diakhir amanatnya Kapolda Kalteng Brigjend. Pol. Drs. H. Damianus Jackie menekankan kepada seluruh pejabat Utama beserta staf yang hadir dalam serah terima jabatan tersebut agar terus meningkatkan kerja sama secara optimal dan senantiasa menjaga kebersamaan dan kekompakan dalam setiap pelaksanaan tugas serta tingkatkan terus profesionalisme dibidang tugas masing-masing, sehingga seluruh jajaran Polda Kalteng dapat melaksanakan tugas sesuai dengan yang diamanatkan oleh undang-undang secara maksimal dalam rangka memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, sehingga diharapkan patnership building yang merupakan inti dari grand strategi Polri tahap II 2010-1014 dapat terealisasi.

Senin, 20 September 2010

RINGKASAN PEMBERITAN MEDIA CETAK

A. Berita Positif

  1. Polda Kalteng, Kawanan Curanmor Barsel Dibongkar. Kawanan curanmor di Kabupaten Barsel, berhasil dibongkar Kepolisian setempat. Para pelaku ternyata warga Kabupaten tetangga, Bartim. Mereka yakni Supianor (42) warga Kota Ampah Kecamatan Dusun Tengah dan Utuh Kadut (32) warga Unsum Kecamatan Raren Batuah. (SKH Kalteng Pos, 21 September 2010).
  2. Polda Kalteng, Fokus Pengejaran di Kalsel Upaya polisi dalam memburu oknum peraat berinisial A yang diduga sebagai otak raibnya alat kesehatan (alkes) senilai 1 M lebih di RSUD dr Doris Sylvanus kian mendekati hasil. (SKH Kalteng Pos, 21 September 2010).
  3. Polda Kalteng, ”Mahasiswa Ganja” akan Diserahkan. Penyidik Polres Palangka Raya akan melimpahkan berkas ganja dengan tersangka Riro Sintano alias Riro (22) dan Nikolas Sera alias Nikolas (31) ke Kejari Palangka Raya pekan ini. (SKH Kalteng Pos, 21 September 2010).
  4. Polda Kalteng,Halo Polisi, Gatur Lantas di Palangka Raya. Selamat pagi pak polisi, Tolong bapak polisi ditertibkan pengguna jl. Rajawali, simpang empat badak, kayanya sudh 2 hari ini pak polisi tidak menertipkan pengguna jl rajawali simpang empat badak. Trims. (SKH Kalteng Pos, 21 September 2010).
  5. Polda Kalteng, Kawanan Curas Berpistol Dibekuk. Penjahat bersenjata pai tak hanya beraksi di kota-kita besar saja. Di wilayah Kalteng, kawanan pencurian dengan kekerasan (curas) kerap beraksi dengan senjata api jenis pistol. (SKH Kalteng Pos, 21 September 2010).
  6. Polda Kalteng, 238 Polisi Ujian Kenaikan Pangkat. Sebanyak 238 anggota polisi empat Polres pada wilayah DAS Barito, mengikuti ujian kenaikan pangkat (UKP), pada aula Polres Barsel, Senin (20/9). (SKH Kalteng Pos, 21 September 2010).
  7. Polda Kalteng, Teras Maklumi SikapPangeran Kutaringin. Gubernur Kalteng, Agustin Teras Narang, memaklumi sikap dan pernyataan Putra Raja Kutaringin, Pangeran Mua’syidinsyah, yang mendesak Mendagri dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat untuk segera memproses hasil pemilihan umum kepala daerah Kabupaten Kotawaringin Barat. (SKH Kalteng Pos, 21 September 2010).
  8. Polda Kalteng, Polisi Ungkap Sindikat Lintas Provinsi. Aparat Polres Pulang Pisau (Pulpis) berhasil menangkap lima tersangka kasus pencurian dengan kekerasan (curas) lintas provinsi. (SKH Tabengan, 21 September 2010).

B. Berita Negatif

  1. Polda Kalteng, Kedua Pihak Dianjurkan Mediasi. Sengketa buruh PT Sarana Prima Multi Niaga (SPMN) dengan pihak perusahaan diperkirakan berbuntut panjang. Sikap pihak peruasahaan dinilai tidak kooperatif. Terbukti, pihak perusahaan tidak menghadiri pelaksanaan persidangan tahap pertama. (SKH Tabengan September 2010).
  2. Polda Kalteng, Tiga Bulan, 86 Kasus di Kobar. Jumlah tindak pidana Juni-Agustus 2010 di Kabupaten Kobar, mencapai 86 kasus. Dengan kasus paling menonjol pencurian kendaraan motor dan pencurian dengan pemberatan (curat). (SKH Kalteng Pos, 21 September 2010).
  3. Polda Kalteng, Subahagio: ”Jabatan Saya Legal !”. Meski terancam dipidanakan terkait dengan sikapnya yang berkukuh tak melepas jabatannya sebagai ketua DPRD Kobar, Subahagio tak gentar. Bahkan, bos PO Yessoe itu mengaku telah menggunggat DPP Partai Demokrat di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. (SKH Kalteng Pos, 21 September 2010).
  4. Polda Kalteng, Pintu Didobrak, Tetangga Diancam Pisau. Yusrani (30) diamankan pihak berwajib, Senin (20/9) siang. Ini sebagai tindak lanjut laporan keberatan Suci (33) terhadap tetangganya. (SKH Kalteng Pos, 21 September 2010).
  5. Polda Kalteng, Hasil Rapat Sengketa Tanah Kecewakan Warga. Puluhan warga yang tanahnya dicaplok kecewa dengan hasil rapat penyelesaian sengketa tanah yang dilaksanakan di Balai Basara Kelurahan Langkai Palangka Raya, Sabtu (18/9). (SKH Tabengan, 21 September 2010).